BISNIS INTERNASIONAL

BISNIS INTERNASIONAL

BISNIS INTERNASIONAL

A.HAKIKAT BISNIS INTERNASIONAL

Bisnis internasional adalah suatu kegiatan bisnis yang cakupannya antar Negara,dapat berupa perdagangan internasional,perbankan,manufaktur,periklanan,pariwisata dan lain lain.

 

B.ALASAN MELAKSANAKAN BISNIS INTERNASIONAL

1.karena adanya konsep keunggulan absolute (Adam smith) yaitu Bahwa setiap negara akan memperoleh manfaat perdagangan internasional karena melakukan spesialisasi produksi dan mengekspor barang jika negara tersebut memiliki keunggulan mutlak, serta mengimpor barang jika negara tersebut memiliki ketidakunggulan mutlak.
2.Karena adanya konsep keunggulan komparative merupakan teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. Menurutnya, perdagangan internasionalterjadi bila ada perbedaan keunggulan komparatif antarnegara. Ia berpendapat bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya. Sebagai contoh, Prancis dan Jerman sama-sama memproduksi anggur dan strawberry. Prancis mampu memproduksi anggur secara efisien dan dengan biaya yang murah, tetapi tidak mampu memproduksi strawberry secara efisien dan murah. Sebaliknya, Jerman mampu dalam memproduksi strawberry secara efisien dan dengan biaya yang murah, tetapi tidak mampu memproduksi anggur secara efisien dan murah. Dengan demikian, prancis memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi anggur dan Jerman memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi strawberry. Perdagangan akan saling menguntungkan jika kedua negara bersedia bertukar anggur dan strawberry.

 

C.TAHAP TAHAP DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL

1.Tahap ekspor insidentil:proses ekspor yang terjadi karena kebetulan atau bisa dikatakan hanya satu kali saja Karena pihak asing membeli produk kita dan kita harus mengirimkan produk itu ke tempat tujuan.

2.Tahap ekspor aktif (purchasing):dalam tahap ini sudah dilakukan ekspor secara terus menerus.

3.Tahap franchising:dalam tahap ini penjualan barang sudah dilakukan dengan promosi,iklan secara gencar di Negara tujuan ekspor dan biasanya produk sudah diolah ataupun dibuat di negara tujuan ekspor.

 

D.HAMBATAN HAMBATAN DALAM BISNIS INTERNASIONAL

Dalam hal ini biasanya hambatan yang terjadi berupa bea tariff masuk,larangan ekspor,diskriminasi harga,perbedaan bahasa,cultural dan masalah perundang undangan yang berbeda di setiap Negara.

 

E.PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Perusahaan multinasional adalah perusahaan yang menjalankan usahanya di banyak Negara,dalam hal ini perusahaan biasanya memproduksi produknya di Negara tujuan dengan lisensi dari negara perusahaan berasal,upaya ini dilakukan perusahaan untuk menanggulangi masalah pembatasan impor atau ekspor yang dilakukan oleh beberapa Negara.

Contoh perusahaan multinasional : DANONE,COCA COLA,UNILEVER,NESTLE,BAYER dan lain lain.

Sumber : https://dogetek.co/