Cara Melaporkan atau Report Akun yang Mengganggu di Instagram

Cara Melaporkan atau Report Akun yang Mengganggu di Instagram

Cara Melaporkan atau Report Akun yang Mengganggu di Instagram

 

Cara Melaporkan atau Report Akun yang Mengganggu di Instagram
Cara Melaporkan atau Report Akun yang Mengganggu di Instagram

Tidak dipungkiri, cyber bullying masih kerap terjadi. Banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengalami intimidasi yang dilakukan oleh orang lain melalui sosial media termasuk Instagram. Dilansir dari laman Stop Bullying, Cyber Bullying merupakan aktivitas perundungan yang dilakukan melalui perangkat digital dan sosial media.

Mengatasi hal ini, Instagram telah berkomitmen untuk menjaga para penggunanya dengan fitur-fitur yang mereka

buat seperti Restrict, Block, Report, dan Auto-hide Comments. Instagram menyarankan para penggunanya untuk segera melaporkan apabila terdapat indikasi kegiatan perundungan terhadap orang lain.

“Apabila sebuah akun dibuat dengan tujuan untuk merundung (membully) atau melecehkan orang lain, atau jika foto atau komentar dimaksudkan untuk merundung (membully) atau melecehkan seseorang, laporkan kepada kami,” tulis Instagram dalam lamannya.

Namun, jika Anda ingin langsung mengatasinya, Anda dapat melaporkan postingan tidak layak yang Anda temukan atau profil pengguna yang membagikannya. Caranya adalah dengan sebagai berikut:

1. Ketuk titik tiga pada bagian pojok kanan atas baik pada ponsel iOS maupun Android

2. Ketuk LAPORKAN

3. Ikuti petunjuk di layar ponsel Anda

Di sisi lain, Anda juga dapat melaporkan komentar tidak pantas yang Anda temukan. Berikut adalah cara melaporkannya:

1. Ketuk logo komentar di bawah postingan

2. Untuk pengguna iOS, usap ke kiri pada komentar atau ketuk dan tahan komentar untuk pengguna Android, pada komentar yang melanggar.

3. Ketuk opsi tanda seru yang berada di pojok kanan atas.

4. Ketuk Spam atau Penipuan atau Konten yang Melanggar

5. Pilih opsi alasan mengapa komentar tersebut melanggar.

Anda tidak perlu khawatir saat melaporkan komentar yang tidak pantas sebab laporan tersebut bersifat anonim. Dengan kata lain, informasi Anda tidak pernah dibagikan kepada orang yang mengirim komentar tidak pantas tersebut.

Instagram punya fitur baru yang bisa mencegah pengguna mengunggah pesan yang berpotensi menyinggung pengguna lain. Caption-warning, nama fitur baru itu telah dirilis pada 16 Desember 2019 lalu.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat notifikasi bila teks (caption) di foto atau video yang akan diunggah berisiko menimbulkan perundungan daring (online bullying).

“Pengguna punya kesempatan untuk menjeda dan mempertimbangkan kembali [mengubah] teks itu sebelum diunggah,” tulis Instagram di laman blog resminya.

Fitur baru ini memperluas tool yang memberi tahu pengguna ketika komentar mereka dianggap tidak sopan sebelum diunggah, yang telah dirilis pada beberapa bulan lalu.

Dalam kerjanya, fitur ini menggunakan kecerdasan buatan atau AI untuk mendeteksi teks yang berpotensi

menyinggung orang lain.

Pengguna akan menerima notifikasi di layar bila menulis teks yang dianggap menyinggung. Pemberitahuan itu akan menjelaskan bahwa caption foto atau video yang ditulis mirip dengan yang dilaporkan sebagai bullying.

Mereka masih dimungkinkan untuk mengedit teks sebelum diunggah kendati telah ditandai sebagai pesan yang berisiko menyinggung pengguna lain.

Baca Juga: