Definisi Bumi Dan Penjelasan Serta Cirinya

Definisi Bumi Dan Penjelasan Serta Cirinya

Definisi Bumi Dan Penjelasan Serta Cirinya

Definisi Bumi Dan Penjelasan Serta Cirinya

Bumi

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (Inggris: Astronomical Unit). Kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Sedangkan kala revolusinya adalah 365,25 hari.

Lapisan udara

Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti Bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer dan Eksosfer.

Planet Bumi

Bumi kita adalah sebuah planet, yaitu sebuah benda langit seperti juga matahari, bulan b dan bintang-bintang. Menurut taksiran para ilmuwan, massa bumi adalah 5,96 × 10 27 g. Bumi memiliki ukuran angka bulat, yaitu:

  • Keliling pada equator 40.000 km.
  • Jari-jari pada equator 6.378 km.

Bumi mempunyai ukuran yang hampir sama dengan Venus. Bumi mengalami rotasi selama 24 jam dan mengadakan revolusi selama 365 1/4 hari. Bumi memiliki atmosfer dan mempunyai sebuah satelit berupa bulan.

 

Sumber : https://pelajaranips.co.id/