Guru Jangan Gaptek, Manfaatkan Kemajuan

Guru Jangan Gaptek, Manfaatkan Kemajuan

Guru Jangan Gaptek, Manfaatkan Kemajuan

SOREANG – Berkembangnya teknologi informasi harus diimbangi dengan kemampuan

dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik dengan melakukan inovasi.

Sekretaris Disdik Kabupaten Bandung, Marlan Nirsyamsu, mengatakan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung, menekankan kepada seluruh guru untuk bisa beradaptasi dan menguasai teknologi. Bahkan, jangaana sampai kalah oleh siswanya sendiri.

Dirinya menilai, tantangan guru saat ini adalah kurangnya kecepatan dalam metode pembelajaran. Akibatnya, banyak anak-anak kehilangan gairah untuk menuntut ilmu karena cara penyampaian yang monoton.

“Guru harus terjun dan mengikuti kemajuan masa kini,” kata Marlan kepada wartawan

disela kegiatan Disdik Award di Gedung Moh Toha, Komplek Perkantoran Pemkab Bandung, Kemarin (28/12).

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh guru agar mau dan mengikuti perkembangan zaman. Sebab, bila tidak beradaptasi ditakutkan akan membuat kualitas pendidikan malah menjadi turun.

Menurutnya, para guru juga dituntut untuk mampu menguasai beberapa bidang pendidikan khususnya bidang IT,

karena masa sekarang peserta didik lebih lihai dan sangat akrab dengan teknologi komunikas.

Marlan menambahkan, memberikan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi tidak ada salahnya, asalkan sesuai dengan ketentuan kurikulum yang telah ditetapkan.

Selain itu dengan memanfaatkan teknologi seperti internet akan dijumpai berbagai literasi-literasi yang bisa menjadi sumber acuan pembelajaran. Dengan begitu, diharapkan penggunaan teknologi untuk menggali informasi akan dapat memberikan manfaat bagi siswa.

“Saya himbau semua tenaga pendidik di kabupaten Bandung harus cerdas dan lihai IT, jangan samapi ada guru yang Gaptek,” pungkasnya

 

Baca Juga :