Huawei Gelar Berbagai Skenario Inovatif 5G di Tiongkok

Huawei Gelar Berbagai Skenario Inovatif 5G di Tiongkok

Huawei Gelar Berbagai Skenario Inovatif 5G di Tiongkok

Huawei menggelar berbagai skenario inovatif untuk jaringan 5G dalam rangkaian kegiatan Asia Pacific Innovation Day 2019 di Chengdu, Tiongkok, Rabu.

Huawei mendemonstrasikan berbagai potensi penggunaan 5G mulai dari realitas virtual (VR) berbasis 5G + layanan beresolusi video 8K, 5G + drone, sistem telemedis serta ambulans berbasis 5G.
5GVR

Dalam skenario 5GVR, Huawei menempatkan kamera VR panoramik 360 derajat yang terhubung dengan Pusat Penangkaran Panda yang berjarak beberapa kilometer dari pameran. Kamera tersebut menampilkan siaran langsung beresolusi 4K kepada para pengungjung yang menggunakan perangkat VR, yang ditramisikan lewat jaringan 5G.

Selama menggunakan perangkat VR, para pengunjung disuguhkan pengalaman yang nyata di dalam pagar suaka bersama para panda yang menggemaskan.
5G + Video 8K

Selanjutnya 5G + Video 8K, yang memungkinkan layar 8K menyiarkan video penampilan UltraHD (UHD) secara langsung, dalam waktu yang sebenarnya, yang berarti para peserta dapat menikmati penampilan-penampilan ini dengan gambar yang lebih tajam dan jelas.

Lewat jaringan ultra cepat 5G, aplikasi-aplikasi inovatif ini menarik perhatian para pengunjung dari berbagai negara dan kawasan Asia Pasifik.

Mengambil contoh video 8K, resolusi video dapat mencapai 7680×4320; empat kali lebih tinggi dibanding video 4K. Diperlukan pengulur jaringan bandwith setidaknya 100Mbit/detik, yang hanya dimiliki oleh jaringan 5G.

Karena jaringan 5G memiliki cakupan yang lebih luas, maka siaran langsung 8K dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, dengan biaya yang lebih rendah serta efisiensi yang lebih tinggi.

Di masa depan, 5G akan terintegrasi lebih jauh dengan VR, siarang langsung 8K, serta layanan-layanan lainnya. Hal ini memungkinkan lebih banyak lagi implementasi aplikasi-aplikasi inovatif di berbagai wilayah seperti misalnya telemedis dan siaran langsung, yang akan mendorong perkembangan ekonomi digital.

 

Sumber :

https://thesrirachacookbook.com/