Ibu Jadi Patokan Anak Gemar Membaca

Ibu Jadi Patokan Anak Gemar Membaca

Ibu Jadi Patokan Anak Gemar Membaca

Kegiatan gemar membaca harus dimulai dari ibu, sebab ibu merupakan madrasah keluarga,

sehingga gemar membaca bukanlah hanya sesuatu yang turun temurun tetapi harus dibentuk sedemikan rupa agar anak benar-benar mempunyai kebiasaan membaca.

Hal tersebut diungkapkan, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil, usai melantik Luciani Priatan sebagai Ketua TP PKK Kota Cimahi, di gedung A Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, baru-baru ini.

”Ibu harus menjadi teladan yang utama. Artinya jika anak-anaknya ingin menjadi orang yang gemar membaca, maka ibunya terlebih dahulu yang harus gemar membaca,” ungkap Atalia.

Selain itu, ia menambahkan, ibu juga harus rajin membacakan buku kepada anak sejak

masih kecil. Sebab, dengan kebiasan mendengar apa yang dibacakan ibunya akan menimbulkan rasa keingintahuan anak.

”Hal itu juga yang menjadi salah satu yang bisa menumbuhkan anak untuk gemar membaca,” imbuhnya.

Sedangkan untuk menghadapi era digital agar anak tetap gemar mebaca, menurutnya, pemerintah harus menyesuaikan diri secara teknologi. Salah satunya dengan Maca dina digital library (Candil).

”Jadi ketika teknologi ini berubah dan semakin dekat kemasyarakat, maka sesuatu

yang kita lakukan harus terus berinovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Sementara itu, terkait pelantika yang dilakukannya terhadap istri Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priatna, Luciani Priatna, Atalia mengatakan, seharusnya pelantikan dilakukan pada 2017 yang lalu, berbarengan dengan kota dan kabupaten lain di Jawa Barat.

Harusnya dilantik tahun 2017 tapi karena satu dan lain hal baru hari ini bisa dilantik,” katanya.

Ia menuturkan, setelah pelaksanaan pelantikan, maka sudah ada kesepakatan bakal berjuang bersama memajukan Kota Cimahi. Baik melalui PKK, Dekranasda maupun media literasi.

”Allhamdulilah kita sudah sepakat kita akan terus berjuang bersama-sama untuk masyarakat khususnya masyarakat, Kota Cimahi ini,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua TP PKK Kota Cimahi, Luciani Priatna mengatakan, setelah dilantik ini, ia bakal segera melakukan koordinasi dengan pengurus PKK Kota Cimahi untuk membahas seputar program dan sebagainya.

”InsyaAlloh secepatnya saya akan koordinasi dengan pengurus lama. Mencari tahu apa yang jadi kendala apa yang sudah berjalan, program yang sudah ada nanti insyaalloh kita akan buat lebih baik dari sebelumnya,” singkatnya.

 

Sumber :

https://ojs.hh.se/index.php/JISIB/comment/view/401/0/83426