Pancasila dan Ideologi Lain Lengkap

Pancasila dan Ideologi Lain

Pancasila dan Ideologi Lain

 

Pancasila dan Ideologi Lain

Pancasila sebagai ideologi

Ideologi dan dasar negara kita adalah Pancasila yang terdiri dari lima sila. Kelima sila tersebut digunakan oleh Bangsa Indonesia sebagai dasar negara karena Pancasila dipandang cocok bagi Bangsa Indonesia. Oleh karena Pancasila dipandang baik dan cocok bagi Bangsa Indonesia, maka kita perlu mempertahankannya melalui pengamalan dalam berbagai bidang kehidupan seperti bidang pemerintahan, kehidupan masyarakat, dan bidang pendidikan.

Pancasila sebagai ideologi negara

Apakah negara-negara lain juga menggunakan Pancasila sebagai ideologi negaranya? Atau apakah negara-negara itu memiliki ideologi sendiri?. Tentu saja negara-negara lain selain Indonesia tidak menggunakan Pancasila sebagai ideologi negara. Negara-negara lain itu mempunyai ideologi negarasendiri yang dipandang baik dan cocok. Di dunia ini ada dua ideologi yang terkenal yaitu liberalisme dan sosialisme. Ya, liberalisme dan sosialisme merupakan ideologi yang terkenal di dunia.

Negara – negara atau bangsa

Negara – negara atau bangsa mana yang menganut ideologi liberalisme? Negara-negara mana pula yang menganut ideologi sosialisme?. Ideologi liberalisme banyak dianut oleh negara-negara Barat, yakni Amerika Serikat dan negara-negara Eropa seperti Inggris, Belanda, Spanyol, Italia dan lain-lainnya. Sedangkan negara-negara yang menganut ideologi sosialisme adalah Uni Soviet (sekarang Rusia), Cina, Korea Utara dan Vietnam.

Apakah perbedaan pokok antara ideologi negara sosialisme dengan ideologi negara liberalisme?

 

Artikel terkait :