Papasan Terdekat Asteroid RB1 dengan Bumi

Papasan Terdekat Asteroid RB1 dengan Bumi

Papasan Terdekat Asteroid RB1 dengan Bumi

SEPTEMBER 2016 sepertinya akan menjadi bulan spesial terkait dengan prediksi perjumpaan antara asteroid dan Bumi.

Sebenarnya, setiap bulan sudah pasti terdapat prediksi

perjumpaan kedua benda angkasa luar itu.

Namun, yang membuat September spesial ialah terdapat beberapa asteroid yang berpapasan dengan Bumi pada jarak yang sangat dekat.

Dalam skema prediksi NASA, pada bulan ini terdapat sekitar 40-44 asteroid yang terbang melintasi orbit Bumi dengan berbagai jarak.

Pada Agustus akhir (28/8), IAU Minor Planet Center mengatakan asteroid yang dinamakan QA2 berpapasan dengan Bumi pada jarak 80 ribu kilometer.

Pada Rabu (7/9) dini hari, terdapat sebuah asteroid yang berpapasan dengan Bumi pada jarak yang lebih dekat daripada QA2.

Keberadaan asteroid yang dinamakan RB1 sebelumnya telah ditemukan astronom yang tergabung dalam proyek pengamatan NEO Observation Program antara NASA dan University of Arizona pada Senin (5/9).

Pengamatan para astronom dengan menggunakan teleskop reflektor Cassegrain 60 Inchi dilakukan dari puncak Gunung Lemmon, Pegunungan Catalina, Arizona.

Benda angkasa luar berbentuk padat itu berpapasan dengan Bumi

pada jarak sekitar 42 ribu kilometer atau sekitar 1/10 jarak Bumi dan bulan dengan kecepatan relatif lebih dari 8,13 kilometer per detik.

Meskipun berjarak sangat dekat, asteroid itu tidak

mengganggu aktivitas satelit komunikasi dan penyiaran yang berada di angkasa.

Para astronom mengatakan jarak antara RB1 dan Bumi merupakan jarak paling dekat setidaknya untuk setengah abad berikutnya.

 

sumber :

https://cialis.id/queens-quest-apk/