PENGERTIAN KOMUNIKASI

Table of Contents

PENGERTIAN KOMUNIKASI

PENGERTIAN KOMUNIKASI

Untuk pembahasan mengenai pengertian komunikasi tidak akan dijelaskan panjang lebar karena anda semua telah mendapatkan banyak sekali materi mengenai pengertian komunikasi dari beberapa matakuliah yang sudah anda ikuti.
Sebagai catatan saja bahwa dalam komunikasi terdapat unsur-unsur yang memang selalu ada ketika proses komunikasi terjadi yaitu komunikator, pesan, media, komunikan dan feedback. Unsur-unsur komunikasi ini tetap terjadi ketika KAB berlangsung. Yang perlu diingat bahwa di dalam KAB unsur tersebut ditambah satu unsur lagi yaitu konteks yang ternyata dalam KAB menjadi sangat penting pula untuk diperhatikan.

HAKEKAT KEBUDAYAAN
Kebudayaan, sebagaimana halnya dengan komunikasi, merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Bahkan mungkin karena kepopulerannya itu, kebudayaan telah diartikan secara bermacam-macam.

Batasan tentang kebudayaan memang sangat beraneka ragam tergantung dari sudut penglihatan, yang dipengaruhi oleh minat, bidang pengetahuan dan kepentingan masing-masing perumusan batasan. Tetapi dari sekian banyak batasan/rumusan/definisi kebudayaan terdapat suatu kesepakatan bahwa kebudayaan merupakan sesuatu yang dipelajari dan bahwa kebudayaan menyebabkan orang mampu untuk menyesuaikan diri dnegan lingkungan alam serta lingkungan sosialnya, dan oleh sebab itu maka kebudayaan bervariasi.
Pendidikan, bahasa, interaksi dan konteks langsung lingkungan sejak lahir mempengaruhi seseorang individu, maka perilaku seseorang merupakan hasil dari proses belajar. Yang penting adalah manusia umumnya belajar dalam konteks sosial, bukan dalam keterasingan. Oleh sebab itu kebudayaan berorientasikan kelompok. Dalam  kelompoklah, individu belajar sesuatu mengenai fenomena sosial melalui contoh-contoh perbuatan. Dengan demikian, kebudayaan menegaskan nilai-nilai dasar tentang kehidupan : apa yang baik dan apa yang buruk, apa yang harus dilakukan dan apa yang harus ditinggalkan.
Individu pertama kali belajar kebudayaan dalam lingkungan keluarga. Lingkungan keluargalah yang mengajarkan (baik secara langsung maupun tidak langsung) mengenai keyakinan, adat kebiasaan dan tingkah laku melalui peniruan dari anggota keluarga lainnya. Maka individu tersebut tumbuh kembang dengan latar belakang pemahaman mengenai fenomena sosial (dunia dan kehidupannya) dari kacamata keluarganya, yang pada gilirannya mencerminkan sistem kebudayaan yang melingkupinya.

Baca Juga :