Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

Pengertian Pelanggan

Pelanggan atau langganan merujuk pada individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang diproduksi dalam perekonomian. Secara khusus, kata tersebut sering diartikan sebagai seseorang yang digunakan untuk membeli barang di toko tertentu. Dalam berbagai pendekatan, tergantung pada sifat dari industri atau budaya, pelanggan dapat disebut sebagai klien, pelanggan, pasien.

Maknanya adalah pihak ketiga di luar sistem perusahaan untuk beberapa alasan, membeli barang atau jasa. Khusus untuk pelanggan, istilah ini digunakan untuk mewakili orang-orang yang menggunakan jasa bank, baik untuk diri sendiri atau sebagai perantara, ke pihak lain.

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

  • Wikipedia

Pelanggan merujuk pada individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan dalam ekonomi.

Dalam kegiatan usaha, pemasar atau penjual, mendekati prospek. Prospek dipahami sebagai hubungan bisnis untuk membangun hubungan dengan perusahaan. Prospek hubungan bisa menjadi pelanggan atau tidak. Dalam arti yang lebih luas, hubungan bisnis yang menyangkut hubungan bisnis dengan semua pihak ketiga di luar perusahaan. Termasuk dalam kriteria ini: penyedia / vendor, bank, atau pihak lain.

Kebutuhan pelanggan dapat didefinisikan sebagai barang atau jasa yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda dan harapan pelanggan biasanya dipengaruhi oleh tingkat nilai-nilai budaya, iklan, pemasaran, dan bentuk lain dari komunikasi, baik dari pemasok dan sumber-sumber lain.

Kebutuhan dan harapan pelanggan dapat ditentukan melalui wawancara, survei, diskusi, data mining, atau metode pengumpulan informasi lainnya. Pelanggan mungkin tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhan mereka. Membantu untuk menentukan kebutuhan dapat menjadi layanan yang berharga bagi pelanggan. Dalam proses ini, harapan dapat diatur atau disesuaikan dengan kemampuan produk atau jasa tertentu.

Jenis Pelanggan

Pelanggan internal (pelanggan internal), pelanggan yang datang dari dalam perusahaan itu sendiri, meskipun unit kerja atau bagian yang berbeda, tetapi jika masih di perusahaan, dapat dikategorikan sebagai pelanggan internal.

Pelanggan eksternal (Customer eksternal), pelanggan yang datang dari luar perusahaan, yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan atau mereka dipengaruhi oleh produk, tetapi bukan anggota dari organisasi memproduksi produk.