Pengertian Sejarah Secara Etimologi Dan Terminologi

Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah Secara Etimologi Dan Terminologi

Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah

Secara etimologi, kata sejarah berasal dari bahasa Arab Syajarotun, yang berarti pohon. Kata ini kemudian berkembang menjadi akar, asal-usul, riwayat, dan silsilah. Dalam bahasa Inggris kata sejarah disebut dengan History, yang berasal dari bahasa Yunani Historia yang berarti ilmu dan mengandung tiga arti : 1. Research atau penelitian dan laporan tentang penelitian itu, 2. Suatu cerita puitis, dan 3. Suatu tentang pernyataan tentang fakta-fakta.

Sejarah disebut dengan Geschichte

Dalam bahasa Jerman kata sejarah disebut dengan Geschichte yang berarti sesuatu yang terjadi pada masa lampau. Dari Yunani, istilah Historia masuk ke bahasa-bahasa lain, terutama melalui perantara bahasa latin. Dalam bahasa latin, istilah Historia masih memiliki makna seperti halnya dalam bahasa Yunani yang menekankan pada direct observation (pengamatan langsung), research (penelitian), dan laporan hasil penelitian.(Saefur Rochmat, 2, 2009)

Secara terminologi

Sejarah adalah suatu studi keilmuan yang mempelajari tentang  segala sesuatu yang telah dialami manusia di waktu yang lampau dan yang telah meninggalkan jejak-jejaknya di waktu sekarang, dimana tekanan perhatian diletakkan terutama pada aspek peristiwanya sendiri dalam hal ini terutama yang bersifat khusus dan segi-segi urutan perkembangannya yang kemudian disusun dalam suatu cerita sejarah.(Miftahul A`la, 7, 2010).

 

Artikel terkait :