Phising dan Scamming Jadi Musuh Utama Starup e-Commerce

Phising dan Scamming Jadi Musuh Utama Starup e-Commerce

Phising dan Scamming Jadi Musuh Utama Starup e-Commerce

Ketua Bidang Ekonomi Digital Asosiasi Ecommerce Indonesia

(idEA) Bima Laga mengungkapkan salah satu masalah utama yang harus dihadapi perusahaan rintisan (startup) ialah masih beredarnya link phising dan scamming (penipuan).

Bima sempat mencontohkan kasus scamming yang dialami salah satu startup ecommerce yakni Bukalapak. Saat itu, pelaku membuat situs www.lokalhouse.com dan didesain mirip situs resmi Bukalapak.

“Bukalapak pernah menghadapi scamming yakni ada situs

tapi tampilannya mirip Bukalapak. Kalau orang tidak sadar, mereka dapat link phising lalu diklik, mereka akan tertipu,” ucapnya saat sesi diskusi Peluang dan Tantangan Ruang Siber Indonesia di Jakarta, Rabu (4/12).

Selain kasus phising dan scamming, Bima juga menyoroti kasus lain seperti memberikan kode OTP (one true pairing) kepada seorang oknum. Padahal, kode OTP dilarang keras untuk dibagikan kepada orang lain.

Lihat juga:Twitter Kembali Gencarkan Bersih-bersih Akun Palsu

“Kita sekarang sudah meningkatkan kode OTP untuk log in dan melakukan pembayaran

tapi masih banyak konsumen yang tertipu. Masih banyak yang mengadu, mereka ditelepon customer service bank yang meminta nomor rekening dan dikirim kode OTP,” terangnya.

“Mereka ditelepon oleh customer service bank yang hampir sama dengan nomor telepon customer service resmi. Akhirnya mereka tanpa berpikir panjang langsung memberikan kode OTP,” sambung Bima.

Maka dari itu, Bima mendorong kepada pemerintah untuk terus mengalakan literasi digital kepada masyarakat agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

 

Sumber :

https://lakonlokal.id/deezer-music-apk/