Tahun Ini Buku Kurikulum 2013 Dijual Online

Tahun Ini Buku Kurikulum 2013 Dijual Online

Tahun Ini Buku Kurikulum 2013 Dijual Online

Mulai tahun ini, buku pelajaran kurikulum 2013 akan dijual secara online. Pembelian dapat dilakukan melalui e-katalog dengan mengakses situs https://e-katalog.lkpp.go.id/backend/buku_kurikulum_2013, guru dapat langsung memilih buku yang akan digunakan sepanjang semester.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pengadaan buku dilakukan dengan lelang di pusat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP). Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi menyampaikan, pengadaan buku teks pelajaran dipilih untuk meningkatkan transparansi transaksi jual beli buku. Ada lebih dari 40 juta eksemplar buku dengan total 105 judul yang dapat dibeli lewat situs tersebut.

“Kenapa online shop, karena kita ingin transparansi ada di atas meja

. Harganya lebih rendah dari het (harga eceran tertinggi),” ujar Didik.
Pembelian buku lewat e-katalog memperkecil kemungkinan masalah yang timbul akibat pengadaan yang dilakukan terpusat. Misalnya, sekolah sudah membayar buku yang disiapkan namun bukti tidak dapat dikirim karena masalah teknis, atau sebaliknya. Dengan e-katalog, transaksi jadi lebih mudah. Guru tinggal buka laman e-katalog, melakukan pemesanan, buku dikirim, dan pembayaran dilakukan dengan menggunakan dana BOS.

Didik menuturkan, untuk pengadaan buku ini sepuluh perusahaan

telah menandatangani kontrak. Pemesanan buku di situs tersebut sudah dapat dilakukan sejak 10 Juli lalu. Buku yang disediakan di e-katalog ini merupakan buku referensi yang disiapkan oleh pemerintah. Adanya buku ini tidak untuk membatasi ruang kreatif guru karena guru tetap dapat menggunakan buku lain saat mengajar di kelas selama kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) nya selaras.

“Buku ini hanya salah satu referensi, guru bisa memiliki referensi

lain untuk bahan mengajarnya,” kata Didik. (Kemdikbud/IK-SS)