Teddy Yuliswar Admin LPSE Tanah Datar Pertama di Sumbar miliki semua Sertifikat Mikrotik

Teddy Yuliswar Admin LPSE Tanah Datar Pertama di Sumbar miliki semua Sertifikat Mikrotik

Teddy Yuliswar Admin LPSE Tanah Datar Pertama di Sumbar miliki semua Sertifikat Mikrotik

Pada  25 April s/d 30 April 2016 lalu, Administrator System LPSE Kabupaten Tanah Datar

, Teddy Yuliswar, S.Kom mengikuti dan lulus Pelatihan Sertifikasi Internasional Mikrotik Certified User Manager Engineer (MTCUME) di Citraweb Nusa Infomedia yang merupakan salah satu Mikrotik Certified Trainer Partner di Indonesia. Sebelumnya Teddy Yuliswar, S.Kom sudah memiliki 5 Sertifikat Mikrotik Berbasis Internasional yaitu MTCNA (MikroTik Certified Network Associate), MTCWE (MikroTik Certified Wireless Engineer), MTCRE ( MikroTik Certified Routing Engineer), MTCTCE (MikroTik Certified Traffic Control Engineer, MTCINE (MikroTik Certified Inter-networking Engineer) dan MTCUME ini merupakan sertifikat terakhir yang belum dimiliki.

Dengan lulusnya Teddy Yuliswar, S.Kom saat ujian sertifikasi Mikrotik tersebut menjadikan Teddy Yuliswar, S.Kom

sebagai orang pertama di Sumatera Barat Baik dari pemerintahan maupun swasta sebagai pemilik keseluruhan Sertifikasi Mikrotik yang berbasis internasional yaitu 6 (enam) sertifikat.

Mikrotik adalah produsen peralatan Jaringan Komputer yang berasal dari Latvia, Mikrotik merupakan alternatif yang murah untuk perangkat router dan jaringan komputer lainnya namun tidak murahan, karena mampu bersaing dengan produsen besar perangkat jaringan komputer lainnya Seperti Cisco ataupun Juniper. Dan hampir di seluruh Sumatera Barat dan beberapa daerah lainnya di Indonesia untuk jaringan komputer di pemerintahan menggunakan perangkat dari Mikrotik, karena dari sisi biaya yang relatif murah namun sangat powerful dan handal.

MikroTik RouterOS merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS

sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk router network yang handal mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut di antaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox).

Disampaikan oleh Audia Safitri, SH. M,Si Kepala Bagian Pengendalian Pembangunan Setda Kabupaten Tanah Datar ketika ditemui di ruangan kerjanya bahwa “Hal ini merupakan prestasi yang mengembirakan karena sampai saat ini untuk kabupaten/kota khususnya di Sumatera Barat bahkan di Indonesia hanya Kabupaten Tanah Datar yang Admin System LPSE nya memiliki  keseluruhan Sertifikat berskala internasional Mikrotik  (MTCNA, MTCRE, MTCTCE, MTCWE dan MTCUME, MTCINE), dan tentunya hal ini tidak lepas dari peran penting Pimpinan Daerah karena sangat mensupport pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola LPSE Kab. Tanah Datar, sehingga sesuai dengan amanat UU Aparatur Sipil Negara (ASN) No. 5  Tahun 2014 dalam hal pengembangan kompetensi PNS.”,

 

Baca Juga :