Youtube Kids Langgar Privasi, Google Bayar Denda Rp2,8 Triliun

Youtube Kids Langgar Privasi, Google Bayar Denda Rp2,8 Triliun

Youtube Kids Langgar Privasi, Google Bayar Denda Rp2,8 Triliun

Digadang-gadang sebagai platform yang aman bagi anak-anak,

nyatanya tidak membuat Youtube Kids cukup aman bagi anak-anak. Pasalnya layanan berbagi video ini diduga melanggar privasi terhadap anak-anak.

Youtube Kids diduga telah melanggar Undang-undang perlindungan privasi anak-anak secara online (COPPA), seperti dilaporkan Engadget.

Platform video streaming milik Google, Youtube Kids, dituding telah melakukan praktik pengumpulan data dan penargetan iklan. Informasi ini sebelumnya pernah dilaporkan oleh The Washington Post pada Juli lalu.

Laman Politico menyebut denda yang ditetapkan FTC untuk Google berkisar 150 juta

hingga 200 juta dolar AS. Angka pasti dari sanksi tersebut baru diumumkan pada pekan depan.

Di dalamnya disebutkan bahwa perusahaan AS tidak boleh mengumpulkan data online dari anak berusia di bawah 13 tahun, baik yang berdomisili di AS maupun luar negeri.

FTC tak merinci bagian mana saja dari aturan itu yang dilanggar oleh Google, ataupun seperti apa mekanisme pengumpulan datanya.

Dalam perkembangan terbaru, sumber internal mengatakan bahwa Google setuju membayar settlement dengan nilai antara 150 juta dollar AS (Rp 2,1 triliun) hingga 200 juta dollar AS (Rp 2,8 triliun) sebagai penyelesaian kasus ini.

Perlu diketahui, sejak diluncurkan, Youtube Kids telah ditonton oleh 70 miliar

orang di seluruh dunia. Youtube kids berhasil menduduki peringkat 5 terbaik dalam kategori aplikasi anak di seluruh dunia di Play Store maupun App Store

 

Baca Juga :